Jumat, 23 Oktober 2015

10 Tokoh Kartun Legendaris

Hello Dears, kita semua pasti tumbuh dewasa bersama serial-serial kartun yang sering diputar di televisi maupun yang sering diputar oleh orang tua kita di waktu kecil kan.

Ada banyak sekali cerita dan karakter-karakter kartun di dunia yang terkenal, namun yang saya kelompokkan menjadi top 10 adalah tokoh-tokoh dan cerita kartun yang paling terkenal dari yang terkenal dan yang paling melegenda.

Kenapa dibilang melegenda? karena tokoh-tokoh berikut adalah tokoh kartun yang tidak hilang dimakan waktu dan zaman, cocok untuk semua kalangan.

Yuk langsung kita simak, semoga anda juga setuju dengan list saya ya;


1. Popeye The Sailor Man


Popeye The Sailor Man
Legendary Popeye The Sailor Man

Hayooooooo, yang satu ini pasti langsung bikin kita tersenyum dech, bisa dibilang kartun yang satu ini yang paling legendaris ya, kemunculan komiknya sudah sejak 1929 lho, WOW ya.
Lalu mulai ada animasi hitam putih sejak tahun 1933 dan terakhir yang menghasilkan sebuah hal ikonis pada popeye adalah saat ia bergabung dengan angkatan laut di tahun 1941.

Hal-hal yang identik dengan popeye ada banyak lho, yaitu cara tertawanya yang khas (akakakakka), otot lengan uniknya, lalu ada pipa roko* (apa namanya ya? :-D) yang tidak pernah lepas dari bibirnya, begitu juga kostumnya dan yang paling identik dengannya adalah SPINACH yaitu sayuran serupa bayam yang dikemas kalengan.

Yay yang ini nih yang paling terkenal di Indonesia, popeye akan berubah menjadi lebih luar biasa bila sudah menyantap makanan kalengan ini. Saya yakin pasti kita semua termasuk adik-adik kita sekarang pernah mengalaminya.

Wah apa tuh? hehe, itu loh saat Ibu kita memujuk / merayu kita untuk makan sayur terutama Bayam. Gini nih biasanya "Ayo nak, mau jadi kuat seperti popeye nggak? kalau mau nih makan sayurnya ya".. hihihi iya kan? (Mom is the best dech ^o^)

Lalu bagaimana dengan karakter lain yang aada dicerita ini? Semua tokoh pendukung di cerita Popeye ini mempunyai ciri khas dan keunikan.

Popeye's Family
Popeye and Family

Ada Olive oyl, kekasih Popeye yang mempunyai ciri khas badan kurus tinggi (Kaki dan tangan yang panjang) namun cantik dan manja. (Di kehidupan nyata, sering kali cewek yang mempunyai bentuk badan seperti nyonya popeye ini akan mendapat gelar dan di panggil Olive lho, hihi curcol :-D)..

Karakter utama lainnya ada Brutus, musuh bebuyutan popeye yang selalu bersaing dengan popeye dalam merebutkan tahta dan kuasa, namun lebih seringnya pertengkaran mereka disebabkan oleh Cinta Segitiga dengan Olive, hihi Brutus selalu berusaha merebut olive dari Popeye. Tapi popeye lah yang selalu menang.

Pada kelanjutan ceritanya, Popeye dan olive akan menikah dan mempunyai anak yang mewarisi kekutan super ayahnya, wah so lovely ya.

Ada juga karakter Junior, wimpy dan Grandpa. Semua karakter di cerita ini sama uniknya dengan popeye.

Tidak hanya cerita dan kerakter-karakternya lho yang melegenda, lagu tema / soundtrack-nya juga ikut melegenda dan populer, anda bisa cari di youtube "Popeye the sailor man Cover" maka akan muncul banyak sekali versi lagu yang berbeda dan dari berbagai genre musik. Tidak percaya? coba saja cari ;)



2. Looney Tunes Family


Looney Tunes Family
Looney Tunes Family

Bila menyebut keseluruhan dari cerita ini dengan "Looney Tunes" mungkin tidak terlalu dikenal masayarat awam yah. Tetapi coba sebut masing-masing karakter paling terkenal-nya, pasti pada tau.
Sebenarnya karakter / tokoh-tokoh kartun yang mengisi cerita kartun ini ada banyak, lihat gambar di atas. Namun beberapa yang benar-benar familiar adalah:
  • Bugs Bunny, yeaaaaa ini nih yang punya sapaan iconic yang terkenal hingga kini. Sambil mengunyah wortel kegemarannya, Bugs pasti langsung menyapa lawan bicaranya dengan "eeee What's Up Doc?" .. heheh iya kan? masih ingat yang itu? so pasti lah, bukan hanya orang biasa saja, tapi selebriti dunia terutama para selebriti hip-hop suka meniru gaya sapaan Bugs ini.
  • Tweety, wuaah burung kuning imut ini memang icon-nya bayi cewek yang lucu, sering kali para orang tua akan memakaikan kostum tweety imut pada anak perempuan mereka. Pembawaanya yang imut, manja dan gesit saat lari dari kejaran kucing nakal terutama Sylvester, membuat anak-anak dan orang tua menjadi gemas. Sampai hari ini tweety masih menjadi simbol ke'imut'an lho.
  • Tazmania, nahh ini nih yang paling disukai semua kalangan baik cewek maupun cowok. Karakter yang digambarkan dengan ekspresi wajah yang bengis dan gigi yang besar-besar ini emang benar-benar unik ya.
Bagaimana? benar kan? .. hehe sejak awal kemunculan serial cartoon ini hingga kini, tetap menjadi maskot lho, apa lagi stiker dari masing-masing karakter di Looney Tunes ini, masih terus dikagumi.


3. Donald Duck and Family


Donal Duck's Family
Donald Duck and Family

Tokoh kartun berbentuk bebek dan tinggal di Kota Bebek yang satu ini tidak bisa lepas dari kepopuleran Disney, tidak hanya karena keunikan karakter dan gayanya, tetapi juga inti dari cerita yang disampaikan.

Karakter-karakter pendukung pada kisah utama Donald Duck ini ada berbagai macam, semua dari keluarga unggas, mulai dari bebek, angsa, burung bahkan ayam. Dan pastinya semua punya ciri khas masing-masing.

Karakter-karakter lain pendukung Donald Duck adalah: Scrooge Mcduck, Huey/Duey/Louie, Daisy Duck, Magica De spell, Elvira Coot dan masih banyak lagi.

Yup, sudah saya jelaskan di Mengupas Tuntas Cerita Donal Bebek" + DONALD DUCK'S FAMILY-, anda bisa baca keseluruhan pembahasan masing-masing tokoh yang ada di serial komik maupun kartun-nya.

4. The Flintstones


The Flintstones
Flintstones Family And Friends

Serial kartun ini pertama kali muncul sejak tahun 1960-an  lho, yang membuat kartun ini unik sudah pasti plot / cerita nya. Serial ini mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari sebuah keluarga (Flintstone) disertai kehidupan bertetangga, seperti kehidupan biasa kita.

Namun untuk yang ini ada di zaman batu, nah lho asyik kan. Ciri khas lain dari The Flintstones ini adalah teriakan "Eeeiiyyya bedabeduuu" dan juga soundtracknya yang tetap segar didengar hingga kini.

Pakaian, peralatan dan hewan peliharaan pun semua persis dengan kehidupan dizaman batu alias purbakala. Lalu yang membuat kartun ini tambah menarik adalah meraka punya mobil dan sepeda motor, hihi, walaupun mobilnya berbeda dengan mobil yang ada di zaman modern.

Mobil ini bisa bergerak dan punya stir, seolah ada mesin khusus, padahal pakai kaki lho. Bentuknya pun lucu, menggunakan kayu sebagai body dan roda bulatnya, lalu atapnya memakai semacam kulit hewan tuh kaya'nya.

Karakter / tokoh utama di serial kartun ini ada Fred dan Wilma Flintstone beserta Pabbles anak perempuan mereka, lalu ada Dino dan Baby Puss hewan peliharaan mereka.

Tetangga dekat meraka ada Barney dan Betty Rubble beserta Bamm-Bamm anak laki-laki mereka, juga Hoppy hewan peliharaan mereka. Selain itu ada banyak lagi karakter yang muncul di serial ini, bisa anda simak dan dijamin tidak bosan sampai kapanpun.



5. Doraemon And Family


Doraemon's Family
Doraemon And Family

Iyak, ini nih kebanggaan Asia, cerita kartun yang berasal dari Jepang ini memang sudah melegenda diseluruh dunia lho, keunikan doraemon tidak hanya terletak pada design karakternya, tapi juga cerita dan kisahnya pun unik.

Mulai dari adanya kantong ajaib yang berisi aneka alat ajaib, lalu juga perpaduan antara kehidupan masa lalu dan masa depan, dan juga pengkarakteran masing-masing tokoh pendukung di dalamnya.

Untuk lebih lengkap bisa anda baca Tokoh Di Cerita Doraemon,  Doraemon Di Sekolah Robot dan Komik Terakhir Vs Movie Stand By Me ya.



6. Tom And Jerry


Tom And Jerry
Tom And Jerry

Siapa yang belum pernah dengar kedua nama ini, “Tom” dan “Jerry”. Serial kartun produksi MGM Cartoon muncul sejak sekitar tahun 1940 dan mengalami on/off. Tapi ternyata keunikan cerita dan tokoh kartun ini mampu membuat karakter-karakter tersebut bertahan hingga sekarang.

Kata yang pas untuk menggambarkan kedua tokoh kartun ini adalah "Pertengkaran", yah semacam “benci tapi rindu” kali ya. Itulah ciri khas dari cerita kartun ini yang memberi kesan tersendiri bagi semua orang yang menontonnya.

Disini Tom selalu digambarkan sebagai tokoh “Pembully” yang terobsesi untuk menikmati enaknya daging “jerry”, aduhhhh? ^_^

Tapi jangan khawatir, Jerry selalu tau bagaimana menghindar dan menyelamatkan diri dari kejaran Tom. Jerry selalu tau bagaimana mencari celah untuk membalas serangan Tom.

Tak jarang pula Jerry melibatkan tokoh-tokoh lain untuk secara tidak langsung membantunya menghadapi Tom. Baik dengan cara aman atau cara licik sekalipun, ya ampun JerryJerry,  hihihihi.

Tokoh lain dalam kartun ini yang sering muncul dan terkenal adalah “Spike” seekor bulldog penjaga yang galak. Tetapi disisi lain spike sangat menyayangi anaknya yang bernama “Tyke”, He's a lovely Dad ;-) .. 

Spike and Tyke sering membantu Jerry menghadapi Tom dan Kucing-kucing pengganggu lainnya.

Tak hanya bertengkar saja, terkadang Tom dan Jerry bisa berdamai karena suatu hal dan bekerja sama, namun biasanya itu tidak berlangsung lama, akan ada sesuatu yang lain yang membuat mereka bertengkar lagi, ehehe.

Di kehidupan nyatapun sampai-sampai banyak yang memakai istilah “Tom and Jerry” untuk dua orang (teman/suami istri/kekasih/tetangga/dll) yang sering bertengkar, hehehe, benar kan? :-p



7. Scooby Doo and Friends


Scooby Doo And Friends
Scooby Doo and Friends

Cerita kartun yang satu ini mungkin agak berbeda dari yang lainnya. Scooby Doo memang agak sedikit berat untuk ditonton anak-anak.

Bagaimana tidak, inti cerita ini adalah pengungkapan misteri yang terjadi di sekeliling grup yang terdiri dari seekor anjing yang lucu bernama Scooby dan keempat teman-temannya, yaitu Fred "Freddie" Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville "Shaggy" Rogers.

Dalam petualangan mereka, Scooby doo biasa berpasangan dengan Shaggy, keduanya penakut dan tukang makan, namun justru karena kepolosan mereka itulah yang sering menjadi kunci pemecahan kasus.

Biasanya mereka akan langsung memberitahukan petunjuk yang mereka temukan kepada Freddie, Velma dan Daphne, ketiga karakter ini merupakan pemikir yang cerdas.

Kasus yang terjadi disekitar mereka beragam. Ada yang kebetulan terjadi dan ada juga yang bearasal dari permintaan seseorang untuk memecahkan peristiwa misteri.

Akhir / ending dari setiap kisah semua sama, yaitu ada pihak tertentu yang punya niat tertentuingin menutupi tindak kejahatan mereka dengan cara berpura-pura jadi hantu. hihihi lucu dech.

Mengapa cerita kartun ini masih populer hingga sekarang ya sudah pasti perpaduan cerita misteri dan tingkah lucu dari karakter didalamnya. Sampai sudah beberapa kali di buat versi Movie nya nih.

Selain itu, soundtrack / lagu tema kartun ini juga sama populernya dengan lagu tema popeye diatas. Banyak sekali cover-nya di youtube.


8. Mickey & Minnie Mouse


Mickey And Minnie Mouse
Mickey Mouse And Minnie Mouse

Kedua tokoh ini memang tidak bisa dipisahkan dech, dimana ada micky disitu ada minie. Perpaduan dua gaya dan sifat unik karakter berbentuk tikus ini sangat pas, selain karena didalam ceritanya mereka adalah pasangan kekasih. 

Mickey dan Minie merupakan bagian dari desney seperti donald duck. Bisa di bilang satu team juga sih.

Dalam ceritanya di kota tikus, Mickey sering berperan sebagai detektif, petualangan keseharian mickey dan minnie di temani oleh beberapa tokoh lain yang juga sama-sama ikonis.

Sebut saja: Gufi, Pluto, Karel, Klarabela dan masih banyak lagi karakter yang lucu dan unik. Memang tidak ada ruginya kita menyimak film animasi maupun membaca komiknya, sejak dulu hingga sekarang, tidak pernah basi.


9. Winnie The Pooh And Friends


Winnie The Pooh
Winnie The Pooh and Friends

Lagi-lagi kartun disney nih, bukannya mau berat sebelah (apaan tuh, hihi) tapi memang benar karakter / kartun keluaran sang tokoh legendaris Walt Disney patut dijadikan hiburan bagi kita terutama anak-anak.

Untuk yang satu ini juga pantas diletakkan di Top 10 list kita nih, bagaimana tidak, Winnie The Pooh and friends juga sudah menjadi icon anak dari dulu hingga sekarang kan.

Tetapi  untuk di Indonesia tercinta ini, Pooh and Friends lebih dikenal dengan gambar karakternya dibanding serial animasi atau komiknya.

Lihat saja di setiap peralatan sekolah anak dan juga di situs-situs atau event yang bertema anak-anak, pasti ada gambar Pooh cs, tetapi bila ditanya bagaimana inti ceritanya, banyak yang kurang tau ya (termasuk saya) hihihi. Tetapi Pooh cs tetap pantas dimasukkan ke Top 10 list kita.


10. The Simpsons


The Simpsons
The Simpsons Family

Ini dia serial kartun bertema kehidupan keluarga yang populer dan melegenda setelah The Flintstones. Namun yang membedakan kedua serial kartun ini tidak hanya dari segi seting ceritanya saja, tetapi The simpsons ini lebih ditujukan kepada penonton yang sudah dewasa.

Ada beberapa adegan yang sedikit dewasa dan dialognya pun menurut saya sangat kurang pas untuk di dengar anak-anak terutama balita (bawah lima tahun) yang baru belajar bicara, hihi bahaya tu :-D

The simpsons pertama kali muncul sekitar tahun 1987an sampai ke hari ini 2014 masih tayang lho. Tetapi di Indonesia sekarang sudah jarang ya, mungkin karena alur cerita nya yang kurang pas tayang di sore hari atau di pagi hari saat libur anak-anak.

Yang menarik dari kartun ini mungkin karena sering menampilkan tokoh nyata yang di buat dalam tampilan kartun, seperti selebriti hollywood atau tokoh politik terkenal.

Karakter / tokoh utama kartun ini sudah pasti keluarga inti Simpsons (Homer, Marge, Bart, Lisa, Maggie dan Abraham), ada juga hewan peliharaan Bart.

Terlepas dari tema dan sasaran kartun ini, keseluruhan ceritanya termasuk lucu. Tapi tetap ingat ya, jangan biarkan anak anda menonton sendiri tanpa didampingi, nanti malah puyeng, heheh.

---------------------------------------------------

Itu lah daftar dan penjelasan mengenai 10 Tokoh kartun paling populer dan legendaris, versi saya, Anda setuju? Harus setuju lah :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar