Kamis, 22 Oktober 2015

#ComicTips: Berlatih!

Di tips bulan lalu, kita udah ngebahas soal demam panggung, dimana salah satu bagian penting dari ngatasin rasa gugup adalah dengan tau betul bahwa materi lo udah bener-bener siap. Siap dalam arti bukan cuma udah ditulis, tapi juga udah dilatih. Masalah penonton ketawa atau engga, itu nomor dua. Yang penting, saat naik ke panggung, kita udah harus pede dan hafal mati sama materi yang mau dibawain.
Lalu pertanyaanya: “Gimana cara latian yang bener?
Sebelum kesana, kita bahas dulu cara latian yang salah. Yang salah adalah latian dengan cara menghafal. Kata Greg Dean, “Memorizing is the worst type of rehearsal”. Mungkin lo mikir, “Lah, jadi gimana dong?”. Jawabannya, jangan latih dengan hafalan, tapi lakukan. Kalo minjem istilah yang sering dipake Pandji:
“Bit itu harus dibadanin”.
Saat latian, jangan cuma tiduran di kasur atau duduk di teras sambil ngingetin kata-kata yang melintas di dalam kepala. “Ah tapi gue selama ini baik-baik aja koq dengan cara itu?” Wah, kalo lo pake sistem ngehafal aja bisa bagus, harusnya kalo pake sistem all-out ini, lo akan semakin gokil.
Alokasiin waktu yang enak, pas lo lagi santai dan pikiran bisa fokus. Cari tempat yang nyaman, trus keluarin suara dan act-out (bila ada) secara penuh, seolah-olah kita lagi ada di panggung. Dengan cara ini, otak dan badan kita akan menyerap dengan jauh lebih baik. Emang sih, kadang-kadang susah cari tempat yang private dimana kita bisa latian tanpa ngeganggu atau diganggu orang. Tapi bisa lah dicari-cari. Kamar sendiri? Kost temen? Dimana pun yang halal dan ga makan biaya gede :)
Sebagian orang ngerasa proses ini akan lebih maksimal kalo pake cermin. Jadi sambil ngaca, sambil latian. Bener begitu? Bisa ya, bisa engga. Kalo menurut gue, cermin atau tanpa cermin itu tergantung selera masing-masing aja. Gue pribadi termasuk yang engga biasa latian pake cermin. Kalo ada cermin, gue malah keganggu. Tapi ada yang ngerasa lebih pede kalo udah ngeliat dirinya sendiri ngebawain bit-bit di depan cermin, terutama yang butuh banyak act-out. Ga ada yang salah, ga ada yang bener, yang penting mana yang paling nyaman aja.
Dengan latian yang bener, bit akan lebih nempel. Ngelotok, ga usah diinget-inget lagi. Dengan demikian, energi yang ada bisa kita pake buat fokus ke delivery, riffing, dan lain-lain. Saat naik panggung, jangan lagi buang-buang tenaga untuk nginget materi.
Secara teori, latian yang ideal sih begitu. Tapi ada satu musuhnya yang bikin ini seringkali ga kejadian:
MALES.
Ini memang musuh yang berbahaya. Tapi menurut gue sih gini. Kalo selama ini cara lo latian adalah dengan ngehafal, cobain deh teknik ini. Gue yakin bakal langsung kerasa banget bedanya. Dan kalo udah ngerasain manfaatnya, semoga malesnya pun lebih bisa diperangi. Good luck!
[@ernestprakasa]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar