Kamis, 22 Oktober 2015

#ComicTips: #SUCI3 – The Why & How

Stand-Up Comedy Indonesia Kompas TV Season 3 a.k.a #SUCI3 akan mulai audisi sebentar lagi. Sebagai program stand-up comedy pertama di Indonesia, SUCI udah terbukti sukses mencetak bintang. Dan mungkin sebagian diantara lo lagi mempertimbangkan untuk ikutan audisi. Sebelum mulai masuk ke tips audisi, gue akan mulai dengan sharing soal manfaat dan resiko ikutan SUCI, berdasarkan pengalaman gue selama ini.

Manfaat ikut SUCI:

1. Lo akan dilatih untuk produktif. Paling ngga di putaran awal, lo akan wajib bikin materi baru selama 6-8 menit. Dan ini akan melatih lo untuk nulis, nulis, dan nulis. Produktif karena dipaksa, tapi hasilnya positif.
2. Lo akan menjalani proses mentoring yang intens dengan banyak orang-orang penting. Komedian yang hebat dan pasti akan membuat lo belajar banyak banget, kayak Pandji Pragiwaksono & Raditya Dika. Menyerap ilmu dari mereka akan membuat wawasan lo sebagai comic berkembang jauh lebih pesat dibandingkan harus belajar sendiri.
3. Lo akan ditempa secara mental untuk menghadapi ratusan penonton di sebuah teater yang keren. Ini akan melatih showmanship lo sebagai seorang performer, dan menaikkan level lo dari yang tadinya mungkin masih sebatas panggung open mic.
4. Lo akan ketemu sama comic-comic lain dari seluruh Indonesia, dan disitu lo akan merasakan uniknya aura kompetisi sekaligus persahabatan. Kalo selama ini lo liat eliminasi Indonesian Idol dan bingung kenapa mereka pada nangis saat temennya gugur, nah di SUCI lo bakal ngerasain sendiri.
5. Lo akan tetep eksis setelah kompetisi berakhir (dengan catatan elo tampil bagus tentunya), karena Kompas TV selama ini selalu menyalurkan bakat-bakat para finalis ke berbagai program yang mereka punya.
6. Terakhir, kalo lo juara, lo dapet 50 juta. Lumayan.
Nah, sekarang kita bahas sisi sebaliknya. Resiko ikut SUCI:

1. Lo harus ngejalanin karantina di hari Senin-Rabu selama tiga belas minggu. Kalo lo kerja kantoran, ini akan jadi masalah besar.
2. Lo akan menerima kenyataan pahit bahwa gagal itu menyakitkan (kalo elo sampe gagal). Tapi bagi gue, kegagalan menghasilkan #MeremMelekTour. Bagi Kemal Palevi, itu menghasilkan #AbsurdTour. Jadi kegagalan itu menyakitkan, tapi bukan berarti kiamat. Tergantung elonya aja.
3. Kalo lo sampe lolos jadi finalis, akan butuh waktu beberapa bulan sampe elo bisa dipanggil Metro TV (kalo elo emang layak dipanggil). Menurut gw ini sangat wajar. Klo lo lolos, image lo akan Kompas TV banget, butuh waktu untuk menetralisir itu.
Jadi itu kira-kira pro/kontra ikut SUCI menurut pengalaman dan pengamatan gue. Nah sekarang kalo lo memutuskan untuk ikutan audisi, ada tiga hal yang perlu lo inget:
1. Lo harus UNIK, bukan hanya LUCU.
Memasukin tahun kedua tumbuhnya stand-up comedy di Indonesia, kualitas comic-comic semakin edan. Dalam setiap kesempatan ke berbagai kota di Indonesia, gue selalu dibuat kagum oleh garangnya comic-comic lokal. Ini adalah berita baik buat industri, tapi berita buruk buat elo. Artinya, kompetisi sekarang luar biasa berat. Lucu aja nggak cukup. Kompas TV akan ngeliat: Apa bedanya elo sama comic lain? Inget, fokus di persona sama pentingnya dengan fokus di materi.
2. Ruang audisi itu horor.
Ini yang seringkali ga disadari para peserta audisi. Banyak comic gokil yang rontok di audisi musim lalu, dan saat gue tanya, jawabannya sama: Gugup karena ketemu Mas Indro. Inget, bahwa lo akan ngelawak di depan legenda lawak Indonesia. Udah pasti bukan perkara enteng. Jadi sadari dari awal, bahwa pressure di ruang audisi akan sangat tinggi. Baca #ComicTips edisi “Demam Panggung” mungkin akan membantu.
3. This is showbiz.
Gue inget banget kejadian Luqman Baehaqi gagal lolos di Season 2, sementara comic-comic baru kayak Jessica Farolan & Agung Motivamor dikasih kesempatan mencicipi putaran final. Jelas Luqman bukan kalah lucu, tapi karena Jessica & Agung punya keunikan yang membedakan mereka dari comic-comic yang lain. Inget, gagal audisi bukan berarti lo comic jelek, hanya terkadang dunia showbiz punya pertimbangan tersendiri, walaupun susah untuk diterima.
Itu dia #ComicTips seputar perhelatan akbar #SUCI3. Semoga membantu! :)
@ernestprakasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar