Kamis, 22 Oktober 2015

Kenapa Jarang Ada Komedian/Komika Perempuan?

Terkadang hatiku bertanya mengapa jarang sekali perempuan yang menjadi komedian? Kenapa ya?? Jadi pengen nanya pendapat para comic tentang hal ini. Yuk kita tanya Pawpao, Panca Atis, Beni, Heri Horeh dan Alonkii “Kenapa jarang ada comedian/komika cewek?”. Mudah-mudahan jawabannya lurus yak!
 
Menurut Pawpao: 
Di setiap komunitas itu pasti ada satu atau dua komika cewek, jadi bukan jarang juga sebenernya. Tapi karena sifat alami “kita” cewek-cewek ini sebagai pemalu kaya putri malu yang disentuh nunduk, jadi jarang ada yang ke ekspose. Mungkin biar cewek-cewek pengen ikutan standup comedy diadain “Miss Standup Comedy” aja ya. Audisi tapi ala ala Miss World gitu. Seru kayanya :D
 
Menurut Panca Atis: 
Masih jarangnya komika cewek di dunia standup comedy itu disebabkan oleh banyaknya urusan yang harus cewek jalani. Dalam standup comedy ada keharusan menulis materi. Cewek, baru mau nulis materi, tiba-tiba PMS, inget jemuran belom diangkat, masakan di dapur takut gosong, dll.  Lebih rumit dalam hal persiapan dibanding cowok.
 
Cewek dalam hal apapun sebenernya udah gak kalah sama cowok. Cewek mau naik panggung standup comedy ya sah-sah aja. Alasan mereka malu-malu karena takut di-ciee-ciee-in sama cowok. Padahal ini termasuk nilai plus. Belom apa-apa udah dapet perhatian. Alasan lainnya adalah sindrom "kalah lucu" sama cowok. Jangan jadi penghalang ya para cewek :) Ayo donk cewek! Masa kamu lucu tapi cuma keluarga kamu aja yang tau? Kalo mau minta pendapat aku juga boleh :)
 
Menurut Beni:
Menurut saya kenapa jarang banget ada komika cewek di Indonesia itu karena.....cewek-cewek lebih suka menjadi penikmat dari pada pelaku. Tapi mereka gak tau padahal menjadi pelaku itu kadang bisa lebih nikmat dari pada cuma sekedar menjadi penikmat.
 
Dan caranya biar cewek-cewek tertarik menjadi komika adalah dengan memberikan kesempatan kepada (paling nggak) 1 komika cewek yg cantik banget (gak perlu lucu) buat tampil di tipi. Lha biasanya cewek-cewek yang lain pasti langsung pada pengen ikut-ikutan kalo ada anggota dari 'ras' mereka yang keliatan berkualitas di tipi. Dan yang paling penting komika-komika cowoknya (termasuk saya) pasti makin hepi.
 
Menurut Heri Horeh:
Karena cewek terlalu jaim (jaga image) sih. Mudah tersentuh dan agak sensitif, maunya ya maunya jadi susah kalo jadi komika. Tar kalo dia jadi komika, waktu gak lucu, ngambek, nangis, curhat sama mic.
 
Mungkin cewek gak mau jadi komika karena cewek punya media lain untuk menyampaikan keresahannya. Cewek gak mau open mic karena cewek itu takut gemuk. Biasanya kalo abis open mic, malem-malem pada ngumpul, terus makan. Nah itu yang ditakutin cewek.
 
Menurut Alonkii:
Pertama-tama terima kasih atas pertanyaannya yang sulit ini. Karena cewek kebanyakan maunya dimengerti di mana SUC kan kita yang harus ngertiin audience. Terus cowok humoris kan banyak yang suka yah, tapi kalo cewek humoris kan biasanya cuma dijadiin temen. :| 
Terus cewek juga biasa kan dihumorisi bukan menghumorisi, udah gitu cewek masih banyak yang malu-malu padahal kalo minta dibeliin ini itu suka gak tau malu. Hahaha girrrllsss.
 
Menurut saya mah ya, itu diadain aja open mic khusus cewek, biar cewek-cewek awalnya gak usah malu takut kalah lucu sama cowok-cowok ngocol. Karena, saya akui juga, jadi cewek kalo bawain materi yang “blue”, materi agak “kasar”, itu gak enak sendiri, malu! Tapi kalo semua pesertanya cewek keknya lebih nyaman ya. Iya!
 
Ya untuk awalnya aja, lama-lama juga nagih sendiri........kalo gak ngebom. Heee heheee. Yaelah Jajang.
Gitu aja, panjang ya, iya kaya proses PDKT aku sama di...AHAHAHAHA. Bye.
 
 
Begitulah komentar para comic. Tapi kalo menurut teman-teman SUC di Facebook Fanpage Stand Up Comedy Metro TV. Kenapa ya jarang komedian/komika cewek, beginilah jawaban mereka yang sudah mimin pilih:
 
"Tamayukisan Ohayou takutnya di pacarin sama Mongol min"
 
"Martinianus Primus Mbeu Ada kok min ibu Dasalira Wati. Kalau gak salah dosen yang bisa Stand Up Comedy-an.hehe"
 
"Ahzan Ittoe Gue Takut Hilang kecantikannya, kaya soimah atau omas nantinya"
 
"Arief Edogawa Pow pow harus dhitung cewek tu ckck"
 
"Ahmad Tri Budiyanto klo wanita jadi komedian lucunya ngga di ketawain, tapi di bengongin karena cantiknya broo.."
 
"Sigit Metamorforself Sri rahayu comic cewek..powpo juga comic cewek..walo cesingnya cowok,hehe..keren kan gua"
 
"Ahmad Ilhami mana ada cowo yg nyari tipe cewe humoris min, tapi sbaliknya cewe2 kbnyakan nyari tipe cowo yg humoris.dari situ aja dah ketebak emang kodratnya kaum adam bikin girang kaum hawa hahaha"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar